Wednesday, May 25, 2011

Bohong Bikin Ketagihan

Ardian Bumi / / 20
siapa sih orang di dunia ini yang mau di bohongi. tentunya tidak ada, dari yang bayi sampe moyang-moyang kita, dari yang minta-minta sampe yang sedekah, dari rakyat sampe pejabat pasti akan tetep gak mau kalo di bohongi.

berbohong selain merugikan orang lain juga akan merugikan diri sendiri (kalo ketauan) ya pastilah. siapa juga yang mau berteman sama pembohong.

tapi buat kebohongan yang belum terbongkar tentu akan terus jaya, banyak temen en happy always. apalagi yang menjadikan kebohongan sebagai ladang rizki, *dilakukan oleh propesional, jangan ditiru. lagi alasan perut yang harus di isi menjadi kambing hitam ulah kita.

eh, ternyata berbohong bisa bikin ketagihan. dengan melihat, menimbang dan memutuskan. akhirnya setelah melihat di hari pertama melakukan aksi bohong ternyata dagangannya laku keras. dengan janji gembar gembor keunggulan ini itu pastinya. lalu lanjut di hari kedua, ketiga, keempat dan seterusnya hingga tak sadar ternyata konsumen pada kabur akibat ulah tak terpuji ini.

tapi insya Allah rasa syukur dan mau sedikit berpikir akan dapat mencegah semua perbuatan tercela. bukankah di ayat Al Qur'an selalu di khususkan bagi orang dan kaum yang mau berpikir.

wallahu'alam.

Ardian Bumi


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
Follow me @Bloggertheme9

20 comments:

  1. kebohongan satu akan berlanjut dg kebohongan yang lain, biasanya berantai, untuk menutupi kebohongan yg pertama

    ReplyDelete
  2. Bohong memang kelakuan yang tidak terpuji. Bila sering dilakukan dan menjadi watak, maka akhirnya celakalah mereka. Dalam Kitab Jayabaya dikatakan :
    Waktu iku akeh dandang diunekake kuntul
    Sing tjurang garang,
    sing djudjur kudjur
    Wong waras lan adil uripe nggrantes lan kepentjil
    Angkara murka saja ndadi
    kana-kene saja bingung
    Akeh wong sing kebiluk melu turut tjurang
    Nanging sauntung-untunge sing lali
    isih untung sing waspada.

    ReplyDelete
  3. ria@ yarp. setuju mbak. kebanyakan dari kebohongan memang akan selalu menutupi kebohongan sebelumnya.

    wahyono@ masih bingung sama bahasa jawanya, soale gak keturunan jawa asli.
    tapi makasih mas atas kutipannya.

    ReplyDelete
  4. sebel banget kalau tahu ternyata kita telah dibohongi.

    ReplyDelete
  5. tapi buat kebohongan yang belum terbongkar tentu akan terus jaya, banyak temen en happy always => ini koq pas banget sih?

    ReplyDelete
  6. kalau dibohongi sakit hatinya bertumpuk2 ^_^

    ReplyDelete
  7. haii salam kenal ya....
    bagi saya kalau sudah bohong maka akan aa kebohongan yang lain yg lain lagi untuk menutupi kebihongan yang pertama...apa seperti itu nggak capek ya...di pikiran soalnya kalau mau menjawab bohong yg kita buat otomatis kita harus berfikir untuk mempersiapkan kebohongan² yang selanjutnya khan....wahh capek deh....
    mending jujur ajalah walau kadang itu menyakitkan wehhehehehehhe

    ReplyDelete
  8. RG-sda@ yarp. Apalagi ketahuannya lewat orang laen. Huhh.

    Narti@ udah jodoh kali tuh. Hehe peace.

    ReplyDelete
  9. Nyit@ salam kenal juga mbak.
    intinya kebohongan berantai yang membuat pusing khan mbak.
    tapi ada kalanya bohong itu diperbolehkan koq mbak. :-)

    ReplyDelete
  10. Berbohong memang perbuatan tidak terpuji, awalnya sedikit brbohong lama-lama malh jadi penyakit hati & ketagihan tapi ada juga yang bohong demi kebaikan seperti dikisahkan zaman Nabi

    ReplyDelete
  11. bayu@ woke mas.
    Berbohong merupakan penyakit hati yang bikin sakit hati. *kebanyakan yang terjadi.

    ReplyDelete
  12. betul gan berbohong tindakan tak terpuji seseorang sekali berbohong akan terus berbohong karena kebohongan berikutnya untuk menutupi kebohongan yang lalu

    ReplyDelete
  13. berbohong merupakan salah satu penyakit hati yang bisa mengeraskan hati dan tentu bisa berefek pada perilaku dan psikologi yang bersangkutan ke arah negatif

    ReplyDelete
  14. berbohong, suatu tindakan yang merugikan diri sendiri & urang lain, anehnya para pembohong malah ketagihan.. viuuh.. jadi banyak tabungan dosanya.. :)

    ReplyDelete
  15. berbohong tidak diajarkan Rasulullah :D

    ReplyDelete
  16. Sekali melakukan pasti akan melakukannya lagi, ditambah lagi gak ketahuan dan menyenagkan pasti akan melakukannya terus...itulah berbohong.
    Mb pernah berbohong pada diri mb sendiri , entah itu kenapa mb pun tak tahu akan jawabannya.

    ReplyDelete
  17. kalo white lie gimana ya?

    ReplyDelete
  18. setuju, satu kebohongan akan membuat ketagihan dan berlanjut dengan kebohongan yang lain#semoga kita tidak terjebak dalam kebohongan-kebohongan yang ada.

    ReplyDelete
  19. kalau suka berbohong nanti akan kena batunya, orang2 jadi tidak akan percaya padanya

    ReplyDelete
  20. kebohongan sekali pasti akan diikuti dengan kebohongan berikutnya, entah hanya sekedar untuk menutupi ataukah melebih-lebihkan

    ReplyDelete

Terima kasih udah mau mampir dan yang ikhlas berkomentar.
Blog yang hanya beraktifitas lewat "hape" ini akan selalu banyak kekurangan, jadi sangat susah untuk menyertai "post pict".
Salam pembelajar.

Alternate

Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger