Friday, June 10, 2011

Anak adalah Fitrah

Ardian Bumi / / 10
bismillahirrohmannirohim.
seorang anak terlahir seperti kain putih, tinggal kedua orang tua serta lingkungan yang mau memberi dengan warna apa. akankah menjadi indah atau malah abstrak. ah itulah kelebihan anak yang mampu menyerap dengan mudah apa yang diterimanya apalagi di lakukan secara kontinu.

mendidik anak di jaman sekarang seperti mengembalakan domba di tengah-tengah kumpulan srigala, lengah sedikit saja si domba bisa dimangsa oleh srigala tersebut. karena itu dalam mendidik anak tidak hanya di sekolahkan di sekolah elit, kepada guru ngaji atau hanya less private. tentunya orang tua harus ikut berperan dalam perkembangan dan pertumbuhan anaknya.

begitu juga dalam pertumbuhan spiritual dan intelegensi seorang anak, meski saat ini jaman modern yang menuntut begitu besar kemampuan intelektual yang tinggi, karena persaingan yang begitu ketat dan akan semakin menyempitkan ruang gerak si lemah. namun jangan melupakan spiritual religius yang akan membuat mereka tangguh intelegensi dan spiritual religi dalam mengarungi dan mengetahui tujuan hidup.

"setiap anak adam yang meninggalkan dunia ini, maka putuslah semua amal didunia, kecuali 3 hal. ilmu yang bermanfaat, anak soleh yang mendo'akan orang tuanya dan amal jariah" HR. Abu Hurairah ra.

karena anak yang terlahir di dunia dalam keadaan fitrah (suci). maka warnailah dengan keindahan akhlaknya yang dicontoh dari orang tuanya. jadi seorang anak (yang soleh/hah) bisa menjadi salah satu investasi bagi orang tuanya.

sumber, masjid nurul falah | khutbah jum'ah.

Ardian Bumi


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
Follow me @Bloggertheme9

10 comments:

  1. yap,..setuju banget bro,..sayangnya teori ini lumayan susah untuk diterapkan,..kadang2 suka lepas kendali juga,..maklum,manusia..biangnya alpa..:)

    ReplyDelete
  2. kenia huwada@ yaha, cuma menyampaikan yang pernah terdengar. Mungkin bisa bermanfaat.

    ReplyDelete
  3. mendidik dan membimbing anak jaman sekarang memang sulit, karena banyaknya godaan yang ada di lingkungan yang kadang2 susah dikontrol oleh orang tua.

    ReplyDelete
  4. yup, anak2 itu bakal niru org2 terdekatnya, jd kudu hati2 ngejagnya

    ReplyDelete
  5. Terima kasih sob, kebetulan saya mempersiapkan segala sesuatunya buat sang buah hati, guru kencing berdiri murid berlari itulah peribahasa yang cocok untuk menggambarkan betapa pentingnya pendidikan membentuk karakter anak

    ReplyDelete
  6. Do'akan buat saya ya, jika saya nanti punya anak maka saya akan istiqomah menjaganya...

    ReplyDelete
  7. Setuju, anak adalah fitrah juga amanah.

    ReplyDelete
  8. Setuju, bila bisa diterapkan pada porsi dan cara yang tepat.. :)

    ReplyDelete
  9. anak-anak ibarat selembar kertas putih yang belum ditulisi/dicoreti

    ReplyDelete

Terima kasih udah mau mampir dan yang ikhlas berkomentar.
Blog yang hanya beraktifitas lewat "hape" ini akan selalu banyak kekurangan, jadi sangat susah untuk menyertai "post pict".
Salam pembelajar.

Alternate

Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger