Type Here to Get Search Results !

Kuburannya Ada Dua

1
Syekh maulana makdum ibrahim, merupakan nama asli dari sunan bonang. Beliau berdakwah keliling meskipun sudah tidak muda lagi. Beliau wafat pun pada saat berdakwah di pulau bawean, tuban.

Saat prosesi pemakaman akan diadakan terjadilah konflik antar para murid yang berasal dari surabaya dan madura dengan orang2 bawean dan tuban. Alasan mengapa orang2 surabaya menginginkan agar beliau dimakamkan dekan ayah nya yaitu sunan Ampel yang berada di surabaya. Sampai2 kain kafan pembungkus jenazahnya dua rangkap, karena keduanya sama2 ingin ingin mengkafani.

Pada malam harinya orang2 dari Suramadu menggunakan ilmu sirep agar orang2 tuban tertidur. Lalu mengambil jenazah sunan Bonang. Karena tergesa - gesa, kain kafannya tertinggal satu.

Begitu kapal bergerak menuju surabaya, tiba2 kapal pengangkut jenazah tidak bisa bergerak. akhirnya jenazahnya dimakamkan di dekat masjid jami' di tuban. Dan ternyata kain kafan yang tertinggal didesa bawean ternya juga ada jenazahnya, dan di kuburkan pula di bawean.

Dengan begitu ada dua buah makam sunan bonang, inilah karomah yang diberikan kepada beliau. Dengan demikian tidak ada perselisihan diantara murid2 beliau. Namun demikian yang dianggap asli adalah yang berada di kota tuban, karena banyak penziarah yang datang di kota tuban ini daripada yang didesa bawean.

Post a Comment

1 Comments
  1. wah...salah satu penyuka sejarah rupanya...terimakasih sudah berbagi....
    izinkan saya menjadi followers di blog ini...

    ReplyDelete
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Terima kasih udah mau mampir dan yang ikhlas berkomentar.
Blog yang hanya beraktifitas lewat "hape" ini akan selalu banyak kekurangan, jadi sangat susah untuk menyertai "post pict".
Salam pembelajar.

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !