Tuesday, August 24, 2010

Sarang Lebah dan Ilmu Matematika

Ardian Bumi / / 3
Hewan kecil yang satu ini selain terkenal dengan madu dan sengatannya, juga termasuk mahluk hidup yang "jenius". Lebah madu ini hidup berkoloni dan kerja sama yang patut dijadikan tauladan dalam kehidupan sehari - hari. Mereka dikenal teliti dalam pembuatan sarang mereka yang berbentuk heksagonal atau segi enam yang dalam setiap sarang memiliki ruang heksagonal yang yang disusun sedemikian rupa dalam bentuk susunan yang sangat rapi.

Rupanya bukan tanpa alasan, mereka membuat dalam bentuk segi enam. Selain untuk menyesuaikan bentuk tubuh mereka ternyata juga melalui perhitungan yang matematis, karena jika dibuat dalam bentuk tabung pasti akan menyisakan celah kecil yang tidak berguna. Ataupun dalam bentuk segi tiga prisma, maka akan menyebabkan sedikitnya jumlah madu yang tersimpan dalam sarang mereka.

Satu hal penting lagi yang menguatkan adalah heksagonal memiliki keliling paling kecil, dan hal tersebut memudahkan lebah madu dalam pembuatan sarang juga akan menghabiskan sedikit material yang akan digunakan untuk pembuatannya dibanding dengan bentuk prisma ataupun kubus.

Ardian Bumi


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
Follow me @Bloggertheme9

3 comments:

  1. wah...ternyata ada hub nya sama matematika juga ya...keren sob...

    ReplyDelete

Terima kasih udah mau mampir dan yang ikhlas berkomentar.
Blog yang hanya beraktifitas lewat "hape" ini akan selalu banyak kekurangan, jadi sangat susah untuk menyertai "post pict".
Salam pembelajar.

Alternate

Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger