Type Here to Get Search Results !

Jenis kabel jaringan

0
Fungsi kabel jaringan dalam membangun sebuah jaringan memang memiliki tempat yang cukup vital. Karena tanpa kabel jaringan, beberapa jenis jaringan tidak akan berfungsi sama sekali. Dan tanpa kabel jaringan maka tidak bisa di sebut sebagai jaringan komputer. Kabel jaringan memiliki 4 jenis. Diantaranya adalah sbb.

1. COAXIAL, digunakan pada jaringan Ethernet dan Arc Net. Kabel ini terbagi 3 macam Coaxial, a). Coaxial RG-62A/U, b). Coaxial RG-58A/U, Dan c). Coaxial RG-8.
2. STP (Shielded Twist Pair), digunakan dalam jaringan Token Ring. Memiliki kecepatan 16 Mbps serta jarak max 100 meter.
3. UTP (Unshielded Twist Pair), digunakan pada Fast Ethernet, karena memiliki kecepatan transfer data yang maksimal hingga mencapai 100 Mbps (100BaseT). Konektor yang digunakan adalah RJ-45.
4. Fiber Optic, kabel ini paling berbeda dengan kabel jaringan lainnya, karena transfer datanya melalui media cahaya. Dengan konektor ST. Jika dibantu dengan Repeater, fiber optic mampu bekerja pada jarak yang lumayan jauh. Kira kira 1 km.

Post a Comment

0 Comments

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !