Sunday, April 03, 2011

harga getah latex yang bikin "cenat-cenut"

Ardian Bumi / / 8
jika sudah tiba saat lelang getah (baca: latex) yang biasa terjadi transaksi jual beli ini dalam dua minggu sekali. maka mulailah bertebaran bau menyengat dari mobil-mobil pembawa getah.

pastilah harga yang menjadi topik pembicaraan hangat bagi bapak-bapak yang akan saling menanyakan harga dari getahnya masing-masing, karena "si toke" getah akan membeli hasil sadapan dari petani dengan harga yang bervariasi, tergantung bagus tidaknya kualitas hasil sadapan latexnya. meskipun sudah ada penetapan bahwa getah latex harus bersih tanpa ada serpihan-serpihan kulit dari batang latex. tetapi masih ada juga penyadap yang tidak sengaja (tapi kebanyakan di sengaja) memasukkan "tatal" (baca: kulit bekas sadapan latex). katanya sih biar tambah berat saat ditimbang. wahh.. kecurangan publik.

kembali ke harga, meski harga latex belakangan ini melonjak tinggi, namun itu secara perlahan. tapi ketika harga turun drastis dan sangat fantastis akan jauh sekali dibawah. hal ini membuat "cenat cenut" dapur penyadap pohon latex. karena saat harga latex turun maka akan mempengaruhi anggaran pengeluaran.

saat harga sedang turun maka bapak-bapak pun mulai berkomentar, "lek ngene terus kepiye, arep di simpen mambu, di dol gak payu"
"kalau begini terus gimana, mau di simpan bau, dijual tapi murah". maklum lah dilingkungan mayoritas medan-jawa jadi bahasanya "semrawut".

jangan cenat cenut lagi ya.

Ardian Bumi


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
Follow me @Bloggertheme9

8 comments:

  1. Emang bener kalo disimpan mah bau..tapi kalo dijual murah..setuju sob..truss yang baiknya di apa in ya?

    ReplyDelete
  2. tetep dijual lah, karena opsi yang laen lebih membuat repot bos...
    Seandainy.....
    Yah.. Mulai ngayal deh...hahaha.

    ReplyDelete
  3. penyadap yang tidak sengaja (tapi kebanyakan di sengaja) memasukkan "tatal" >>>> nakal2 ya penyadapnya :p.......
    salam

    ReplyDelete
  4. @nufri betulllll banget tuh.....
    salam kenal juga bosss.....

    ReplyDelete
  5. mudah-mudahan pemerintah memperhatikan petani karet biar anak-anaknya dapat sekolah setinggi-tingginya...

    ReplyDelete
  6. mau gk mau paksain aje walaupun hrg naik tyun latex darimpde mambu ne gk ke tolg' hehehe..sukses sll slm(DOB).

    ReplyDelete
  7. mau nanya nih cara biar lebih kental latex campur apa yang tidak merusak kandungan latex terimakasih,

    ReplyDelete
  8. Mau tanya! Yang dimaksud Ini adalah liquid latex bukan ya!
    Kalau memang benar, aman tidak untuk kulit!
    Dan dimana saya bisa mendapatkan latex ini di jakarta. Terimakasih

    ReplyDelete

Terima kasih udah mau mampir dan yang ikhlas berkomentar.
Blog yang hanya beraktifitas lewat "hape" ini akan selalu banyak kekurangan, jadi sangat susah untuk menyertai "post pict".
Salam pembelajar.

Alternate

Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger