Saturday, September 24, 2011

Bukan Tips Untuk Menjadi Koruptor

Ardian Bumi / / 4
sekumpulan siswa sekolah dasar yang baru saja keluar dari kelas, lalu berhamburan keluar bermain bersama teman-temannya. terlihat seorang siswi kecil yang menggunakan seragam batik dan dengan kerudung putih yang melekat di kepala. karena tubuh nya yang begitu kecil itu juga dia terlihat kesusahan berlari karena rok yang dikenakan nya menyapu tanah. tapi itu semua tak mengurangi betapa masih lugu dan lucunya sosok kecil yang baru saja masuk kelas satu sekolah dasar ini. masih ingat sekali dengan suara cempreng, apalagi waktu suara itu mengingatkan teman sepermainan nya akan menggunakan sebuah sepeda yang tergeletak di dekat bangunan sekolah tempat mereka bermain. "hei, udah izin belum, kalo mau pake punya orang harus bilang dulu" terlihat tangannya menunjuk kearah kelas lain nya, mungkin maksudnya bahwa yang empunya sepeda ini sedang ada di kelas dan harus izin ke orangnya dulu sebelum akan menggunakan sepeda ini.
semoga kebiasaan ini akan terus di gunakan oleh si kecil ini. hingga jika suatu saat nanti ia menjadi orang besar akan setegas seperti masa kecil nya. serta tidak mengambil hak yang bukan milik nya, jika sesuatu itu terpaksa ia gunakan pastikan jika itu sudah mendapat izin dari yang lebih berhak.

pasti akan sulit untuk menemukan korupsi di negeri ini. karena ia pasti tidak akan mengambil sesuatu yang tidak ada izin dan bukan milik nya. sayang memang, jika orang pintar hanya bisa hidup dengan korupsi. padahal jika karunia kepintaranya di gunakan untuk hal yang lebih baik pasti akan lebih tenang hidupnya.

kembali ke si kecil yang sedang ingin menggunakan sepeda, coba bayangkan jika anak yang akan meminjam sepeda tadi tak minta izin dahulu. jika ketahuan yang punya pasti bakalan di kejar olehnya. kalo sudah seperti ini apakah tetap akan tenang ia menggunakan sepeda hasil dari ngerampok itu. seperti itu juga hal nya para koruptor. seperti sedang di kejar-kejar oleh hak orang lain.
wallahu'alam.

Ardian Bumi


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
Follow me @Bloggertheme9

4 comments:

  1. he ehm,...belajar jujur emang sejak kecil.
    aku setuju deh..tanamkan dalam jiwa kita juga lingkungan sekitar!

    ReplyDelete
  2. Semoga semakin banyak anak seperti ini amin

    ReplyDelete
  3. setuju sekali, terkadang kita sering meremehkan hal-hal kecil seperti itu, padahal kebiasaan itu bukan kebiasaan yang baik dan akan terbawa menjadi watak kelak jika dewasa, apa jadinya jika pinjam apalagi mengambil sekecil atau seremeh apapun itu bentuk barang sangat berbahaya bagi perkembangan kepribadiannya.
    Salam sobat, nice posting

    ReplyDelete
  4. Kadang waktu masih kecil udah dididik buat tips yang baik2..
    tapi pas udah gede suka lupa sama tips itu

    ReplyDelete

Terima kasih udah mau mampir dan yang ikhlas berkomentar.
Blog yang hanya beraktifitas lewat "hape" ini akan selalu banyak kekurangan, jadi sangat susah untuk menyertai "post pict".
Salam pembelajar.

Alternate

Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger