Saturday, January 28, 2012

menebar pesan kebaikan

Ardian Bumi / / 2
sudah seberapa banyak pembelajaran tentang sifat- sifat baik yang telah saya pelajari. tentunya lebih banyak hal baik yang telah kita ketahui ketimbang sesuatu yang buruk, kita sama-sama tau sesuatu yang baik akan berakhir dengan baik pula. aku tau aku bukan orang yang baik, tapi aku juga ingin menjadi orang yang baik. perhatikanlah kebaikan di sekitar kita, sudah seberapa persenkah? tak ada manusia yang tau pasti. lihatlah remaja-remaja kecil kita. tak ada se ramai dulu lagi masjid dengan suara yang berulang-ulang keluar dari mulut mereka, karena salah ejaannya.
kita juga harus ikut bertanggung jawab nih menyebarkan pesan kebaikan terhadap mereka. siapa tau dengan begitu semakin banyak kebaikan tersebar buat kita semua.
  1. kenali dulu sang pencipta. (Allah SWT), kan kita sudah di beri nikmat yang begitu besar, dengan setiap hari menikmati udara tanpa batas. kita tahu sebenarnya, tapi kebanyakan kita semua susah untuk menunaikan hak-haknya.
  2. mencintai satu-satunya suri tauladan yang terbaik di muka bumi ini yang pernah hidup menjadi pembela yang benar dan pelurus yang salah. rasulullah SAW yang hidup sejak kecil sudah memberikan manfaat kepada banyak orang di seluruh dunia. meski beliau merupakan contoh terbaik dan mungkin akan menjadi sulit untuk bisa seperti beliau. tapi kita gak salah kan kalo mencoba seberapa mampukah kita mengikuti seperti jalan yang beliau tempuh. jadi kenapa tidak mencoba untuk mengikuti dan mencintai beliau dengan sepenuh hati.
  3. nikmat yang sudah kita rasakan dari mana sih asalnya. sudahkah kita ucapkan alhamdulillah hari ini, nikmat yang paling dekat saja mungkin kita akan lupa untuk mensyukurinya. 
  4. rasa syukur yang harus kita perbaharui setiap hari. mengingat kita tak akan pernah tenang melihat rumput tetangga lebih hijau daripada rumput yang hampir mengering di pekarangan rumah kita. bandingkanlah manusia yang rasa syukurnya besar akan terlihat lebih ceria. jika tak bisa ia akan bersyukur. karena dengan itu dia akan ada kesempatan buat belajar.
  5. sebenarnya kita tahu kalau setan merupakan musuh kita, tapi seberapa jauhkah kita untuk menghindari mengikuti dan memuja cara mereka menikmati dunia. kalau musuh ya musuh, harus kita lawan. meski kita tahu kalau kita juga akan sering terjatuh saat menghadapi beliau-beliau (laknatullah alaih)
  6. syurga yang kita tahu penuh dengan nikmat yang tak pernah habis, tapi kita berusaha sepenuh hati untuk mendapatkannya. kita malah terbius dengan berbagai kesenangan yang dijanjikan dan lupa dengan bagaiaman usaha kita untuk mendapatkannya.
  7. kalau ada syurga pasti ada neraka,  yang satu ini malah jalan yang sering kita ikuti, karena katanya penuh dengan berbagai nikmat (sementara) yang lebih menjadi pilihan favorit kita dalam menikmati kefanaan yang ada di dunia ini.
  8. mengingat mati juga akan menjadi pembuka hati yang tertutup dengan silaunya dunia. kematian yang sering kita lihat tak mampu menjadi pelajaran, dari hal tersebut. apalagi tidak hanya setahun sekali kita melihat berapa kali keranda bolak-balik menjadi kendaraan terakhir.
  9. membaca Al Qur'an. jangan cuma koran yang selalu kita update setiap hari, hati yang beku juga harus kita update agar mencair, seperti ketenangan air sungai. almari yang sudah di penuhi dengan Al Qur'an namun sudah tidak terbaca lagi semenjak ramadhan berlalu. kesempatan untuk membaca harus kita ciptakan sendiri secara khusus.
  10. ikut berjamaah dan berkumpul di masjid. sepertinya masjid yang kokoh di sebelah rumah sudah jarang kita masuki. berkumpul bersama teman-teman sholeh. berjabat tangan dan saling melepas senyum agar membuka mata hati dan pikiran agar ketenangan menjadi kesempatan yang tak hanya ada dalam angan.
jadi, yok sama-sama menebar kebaikan dan kebaikan yang kita tebar bisa kita jalankan bersama-sama. bukankah berjmaah itu lebih mulia dari pada sendiri.
wallahu'alam.

Ardian Bumi


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
Follow me @Bloggertheme9

2 comments:

  1. subhanallah... mulya sekali sang penebar kebaikan

    ReplyDelete
  2. insya allah dengan cara cara itu kita turut menanam kebaikan dan memperoleh pahala yaa..

    ReplyDelete

Terima kasih udah mau mampir dan yang ikhlas berkomentar.
Blog yang hanya beraktifitas lewat "hape" ini akan selalu banyak kekurangan, jadi sangat susah untuk menyertai "post pict".
Salam pembelajar.

Alternate

Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger