friends sprint

Jumat, November 09, 2012

Tidur Setelah Sholat Subuh

mmmhh... beberapa hari ini jadi ketagihan tidur selepas subuh. yah emang sih rasanya nikmat. :). tapi setelah beberapa hari tidur sehabis subuh, koq terasa ada yang aneh. yah, akhirnya penasaran, terus baca-baca di internet. ternyata banyak banget dampak negatifnya. bukan tanpa alasan memang kenapa saya harus tidur lagi setelah subuh. ya karena memang jam tidur yang kurang. sekitar jam 23:00 baru selesai semua pekerjaan. hehehe.. bukannya sok sibuk, memang seperti itu kalau mau numpang gratisan ditempat orang. :). kemudian setelah baca di internet, ada beberapa ilmu yang bisa saya dapat. semoga bermanfaat.

referensi yang saya dapat di blog http://ahmadinliverpudlian.blogspot.com, kurang lebih sebagai berikut.
1. Masalah metabolisme
Jika Saudara tidur terlalu lama, tubuh tidak akan berfungsi sesuai ritmenya. Anda akan merasa lapar dalam jangka waktu lama dan hal ini mempengaruhi kecepatan metabolisme. Hal ini akan membuat bobot tubuh meningkat.

2. Lesu
Tidur berlebihan akan membuat Saudara merasa lesu karena metabolisme Saudara masih bekerja dalam ‘set’ malam hari. Tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk memulai sistem dan tidak dapat berfungsi normal. Jika Saudara benar-benar ingin tidur sedikit lebih lama, usahakan jangan lebih dari tiga puluh menit.

3. Kehilangan waktu produktif
Para ahli menganggap pagi hari adalah waktu paling produktif karena pikiran Saudara masih segar. Jika Anda tidur terlalu lama maka akan akhirnya kehilangan banyak waktu produktif dalam sehari. Sehingga, Anda harus menyelesaikan pekerjaan sampai larut malam dengan terburu-buru.

4. Disorientasi
Tidur terlalu lama membuat Saudara sulit berkonsentrasi dalam waktu lama. Kecuali, setelah bangun tidur Anda langsung berolahraga. Lalu, karena metabolisme tidak bisa berhenti otak akan membuat Saudara merasa lapar.

5. Sakit kepala
Cairan serebrospinal bergerak ke otak ketika Saudara tidur terlalu lama. Kondisi ini, jika berlangsung dalam waktu lama dapat menyebabkan sakit kepala parah dan bahkan menyebabkan kebutaan. Jadi, pikirkan lagi jika Saudara ingin tidur lebih lama. 



kemudian ini dampak yang secara langsung saya rasakan. setelah beberapa hari tidur lagi setelah subuh.
1. Terasa Lemas
waduh, kayaknya malah jadi kebalik, maunya dengan nambahin tidur jadi sehat, tapi malah lemes terus gak menyehatkan lagi, mungkin ini yang namanya salah nempuh jalan.

2. Kepala Pusing
bahkan saat menulis ini, masih terasa pusing dan berat nih kepala, gak tau karena apa, karena saya takut kalo harus nyari di internet tentang ini, yang penting sekarang, berarti harus menghilangkan kebiasaan baru saya yang buruk ini.

3. Jauh Dari Rejeki
katanya sih udah keduluan sama ayam, kalo yang satu ini, saya udah diajarkan sejak masih kecil dulu kayaknya, jadi setelah terbukti sekarang. waktu kejadian tidur sehabis subuh itu saya laksanakan, ada saja yang kurang pas.

yaszz, itu cuma sekedar cerita yang mungkin gak ada kesan buat yang gak pernah mengalaminya. tapi gak akan bisa diabaikan begitu saja, semoga ini menjadi pelajaran yang berharga khususnya bagi saya. hehehe.... walaupun gak ada yang sempurna, setidaknya bisa belajar dari yang pernah sempurna. *gak nyambung kayaknya nih...:)  

2 komentar:

  1. iy nih, apalagi pas lagi puasa, rasanya gk enak banget y,,

    BalasHapus
  2. dulu waktu jadi karyawan saya habis subuh langsung barangkat ngantor, sekarang setelah resign malah kalo habis subuh sering tidur lagi, mau komitment susah banget

    BalasHapus

Terima kasih udah mau mampir dan yang ikhlas berkomentar.
Blog yang hanya beraktifitas lewat "hape" ini akan selalu banyak kekurangan, jadi sangat susah untuk menyertai "post pict".
Salam pembelajar.